Sigit Wibowo: Muhammadiyah berperan mencerdaskan masyarakat

Daerah DPRD Kaltim Kaltim
Wakil Ketua DPRD Kaltim,Sigit Wibowo (kiri) pada saat peletekkan batu pertama gedung Bung Karno di lingkungan kampus UMKT di Jalan Ir Juanda Samarinda (Humas DPRD Kaltim)

Suara Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mengatakan Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan selama ini telah berperan membantu negara dan pemerindah dalam mencerdaskan masyarakat.

“Kita berterima kasih kepada Muhammadiyah telah berperan aktif  dalam mencerdaskan anak bangsa dengan mendirikan sekolah dan universitas,” katanya saat menghadiri peletakkan batu pertama gedung Bung Karno di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) di Jalan Ir Juanda,Samarinda.

Ia mengatakan berdirinya UMKT  dengan dilengkapi sejumlah fasilitas dengan gedung baru diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Kaltim, khususnya di Samarinda.

Dia juga berharap kepada perguruan-perguruan tinggi lainnya di Kaltim berperan aktif dalam  meningkatkan SDM, apalagi menjelang pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kaltim. “Kita perlu  mengejar ketertinggalan dalam artian sumber daya manausianya,” katanya.

“Saya mengucapkan selamat atas peletakkan batu pertama gedung Bung Karno di kampus UMKT. Berdasarkan informasinya gedung  tersebut dibangun dengan dana internal Muhammadiyah,” katanya.

Menurutnya pemerintah Provinsi Kaltim juga harus ikut berperan aktif membantu perjuangan Muhammadiyah dalam mencerdaskan dan menjadikan SDM Kaltim berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan para pendatang yang datang ke Kaltim.

Sementara peletekkan batu pertama gedung Bung Karno di UMKT  di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Kemudian Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Bambang Setiaji  dan Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Setdaprov Kaltim Yadi Robyan Noor.