Rekapitulasi pehitungan suara masih di KPU Kabupaten/Kota

Daerah Kaltim
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim divisi teknis dan penyelenggaraan Pemilu, Rudiansyah,SE (Ist)

Suara Samarinda- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim divisi teknis dan penyelenggaraan Pemilu, Rudiansyah,SE mengatakan tahapan rekapitulasi perhitungan suara Pilgub Kaltim saat ini masih di tingkat KPU kabupaten dan kota.

“Rekapitulasi perhitungan suara  sesuai tahapan  program dan jadwal  yang telah ditetapkan pada  tanggal 4 sampai 6 Juli dilaksanakan di KPU kabupaten/ kota,” katanya di Samarinda, Rabu.

Ia mengatakan untuk tingkat PPK (Kecamatan) dilaksanakan tanggal 28 Juni sampai 4 Juli, rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten / kota tanggal  4 sampai 6 Juli  sedangkan rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi pada tanggal 7 sampai 9 Juli 2018.

Hasil rekapitulasi ditingkat kabupaten/kota inilah yang akan menjadi dasar resmi dalam proses rakpitulasi hasil penghitungan Suara ditingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Rudi menjelaskan pada pelaksanaan ditingkat KPU Provinsi Kaltim  pada tanggal 8 Juli 2018 dengan mengundang Bawaslu  Kaltim, seluruh saksi pasangan calon, dan pihak-pihak terkait, untuk kemudian menetapkan perolehan suara setiap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Sejak hari ini (rabu) beberapa Kabupaten Kota melaksanakan Rekapitulasi hasil penghitungan suara  di antaranya Kabupaten Paser, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Kota Balikpapan, Kabupaten Mahakam Ulu, Berau, Kutai Barat, Kota Samarinda dan Kota Bontang melaksanakan tanggal 5 Juli, kemudian  Kutai Kartanegara  pada  Juli 2018,” katanya.

Ia menambahkan berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh KPU Provinsi Kalimantan Timur, sebagian besar proses yang dilaksanakan berjalan  lancar sesuai prosedur dan ketentuan peraturan.

Rudi mencontohkan rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kabupaten Kutai Timur yang lengkap dihadiri Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Kutai Timur, Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten, Ketua dan Anggota PPK seluruh Kabupaten Kutai Timur  serta seluruh saksi pasangan calon.

Selanjutnya Ketua KPU Kabupaten Kutai Timur, Fahmi Idris  dan Ketua Panwas Kabupaten Kutim Andi Yusri dan dikawal Polres Kutai Timur akan langsung mengantarkan hasil rekapitulasi ke KPU Provinsi Kalimantan Timur.

“Kami bergarap proses rekap di Kabupaten Kota lainnya dapat berjalan lancar dan procedural,” katanya.

Rudi meminta kepada masyarakat agar bersabar menunggu proses dan hasil rekapitulasi  sesuai  tahapan dan jadwal.  Selain itu juga Ia berterima kasih kepada seluruh pihak, terkait khususnya Polri dan TNI,  Bawaslu dan Panwaslu, Para Pasangan Calon mampu menciptakan suasana kondisi hingga pelaksanaan Pilkada berlangsung aman dan damai.

“Semoga suasana kondusif dan damai tetap  terjaga hingga akhir tahapan Pilkada,”ujar Rudi.(*)