Komisi I lakukan fit and proper tes untuk tenaga ahli dprd Kaltim

Daerah DPRD Kaltim Kaltim
Komisi I DPRD Kaltim melakukan fit and proper tes atau uji kelayakan dan kepatutan untuk tenaga ahli DPRD Kaltim (Humas DPRD Kaltim)

Suara Samarinda – Komisi I DPRD Kaltim melakukan fit and proper tes atau melakukan uji kelayakan dan kepatutan  kepada 34 calon tenaga ahli, kelompok pakar atau tim ahli DPRD Kaltim.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin mengatakan uji kelayakan dan kepatutan ini dilaksanakan melalui metode wawancara, sebelumnya peserta dinyatakan lulus seleksi berkas administrasi.

Tim penguji sendiri dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing menguji materi yang berbeda. Kelompok A menguji tentang organisasi, kelembagaan dan pemerintah,kelompok  B menguji tentang konstitusi, HAM dan perundang-undangan, dan kelompok C menguji pengetahuan umum.

“Keberadaan tenaga ahli atau kelompok pakar dinilai cukup penting dalam rangka menunjang tugas dan kinerja anggota DPRD dalam melaksanakan tiga fungsi utama yakni anggaran, pembentukan peraturan daerah, dan pengawasan,” kata Jahiddin.

Ia mengatakan sejumlah anggota dewan di DPRD Kaltim dilatar belakangi disiplin ilmu yang berbeda-beda. Dengan dibantu tenaga ahli atau kelompok pakar yang profesional dibidangnya masing-masing maka tujuan maksimalisasi kinerja bisa tercapai.

Menurunya proses rekrutmen tenaga ahli atau kelompok pakar dilakukan secara terbuka dan melalui seleksi yang cukup ketat. Selain disiplin ilmu hal yang tidak kalah pentingnya adalah integritas dan karakter serta mampu bekerjasama dalam tim.

Adapun tim penguji dari Komisi I yakni Jahidin (ketua), Yusuf Mustafa (wakil ketua), Nasiruddin (sekretaris), Amiruddin, Agil Suwarno, Romadony Putra Pratama, Baharuddin Muin, Rima Hartati Ferdian, Masykur Sarmian, Andi Faisal Assegaf dan Sekwan Muhammad Ramadhan.