Jumat, Agustus 07, 2020

Kaltim terima bantuan 4.300 APD dari BNPB

Daerah

Suara Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menerima bantuan untuk penanganan COVID-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa alat pelindung diri (APD) 86 koli atau setara dengan 4.300 lembar.

Mewakili Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim yang juga Gubernur Kaltim Isran Noor, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menerima APD yang dibawa pesawat TNI AU AI7304 yang mendarat sekitar pukul 12.23 Wita di Dhomber Balikpapan, Senin.

Hadir dan mendampingi Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud, antara lain Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Hendrayansyah, Asisten I Pemkot Balikpapan Syaiful Bahri, Kepala DKK Balikpapan dr Andi Sri Juliarty, Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno, dan Direktur RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan dr Edy Iskandar.

Sejumlah 86 koli APD didistribusikan kepada RSKD Balikpapan sekitar enam koli (300 pcs) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan 10 koli (500 pcs).

Sisanya yang 70 koli (3.500 pcs) APD diserahkan ke Dinas kesehatan Kaltim untuk selanjutnya didistribusikan ke rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 dan tim medis Dinas Ksehatan kabupaten dan kota di Kaltim.

“Untuk APD, kami masih mencukupi. Namun, stok yang sangat menipis saat ini masker N95. Mungkin hanya cukup beberapa hari, habis,” kata Direktur RSKD Balikpapan dr Edy Iskandar melalui layanan percakapan.

Guna menyiasati semakin kritisnya stok masker N95, pihaknya memodifikasi masker yang sudah terpakai sehingga bisa digunakan untuk beberapa kali oleh tim medis di RSKD Balikpapan.

“Untuk mengatasi kehabisan masker, kami lakukan modifikasi masker N95 yang sudah dipakai. Insya Allah aman aja Pak,” kata dia.

Pewarta : Arumanto
Editor: Abdul Hakim Muhiddin