ITKES WHS bagikan sembako kepada mahasiswa terdampak Covid-19

Daerah Kaltim
Salah satu mahasiswa ITKES WHS yang terdampak Covid-19 menerima bantuan sembako dari pihak kampus dan yayasan

Suara Samarinda- Pihak kampus  Institut  Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samasinda (ITKES WHS) memberikan  bantuan berupa sembako kepada para mahasiswanya yang tidak bisa mudik  ke kampung halamannya karena peraturan pemerintah  terkait   pencegahan  penyebaran virus Corona atau  Covid-19 agar tidak meluas.

“Banyak mahasiswa ITKES WHS yang tetap berada di Kota Samarinda mematuhi perturan pemerintah tersebut dan pihak  kampus  didukung  yayasan  ITKES WHS memberikan bantuan untuk meringankan beban mereka dalam memenuhi  kebutuhan sehari-hari,” kata  Wakil Rektor III, ITKES WHS Ns Wahyu Dewi  Sulistyarini di Samarinda, Minggu (31/5).

Ia mengatakan dampak dari  Covid-19  bukan hanya masalah kesehatan saja tetapi juga masalah social dan ekonomi , itu yang menjadi perhatian terutama mashasiswa  ITKES WHS yang tertahan tidak bisa  mudik berkumpul bersama keluarga di kampung  halamannya.

Menurutnya  mahasiswa  yang  tidak bisa mudik  dan tetap berada di Samarinda mereka pada umumnya dari pedalaman Hulu Mahakam seperti  dari Kabupaten Kutai Barat, Mahakam Ulu dan Kutai Timur . Mereka tetap bertahan di tempat kost  dan mengharapkan kiriman dana dari orang tua  untuk  memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Oleh karena itu pihak kampus dan yayasan peduli membantu memberikan sembako untuk meringankan beban mereka yang terdampak Covid-19,” katanya.

Wahyu Dewi  Sulistyarini menjelaskan  dalam proses pembagian sembako tersebut tetap  menggunakan protocol kesehatan  yakni   menggunakan masker ,  menjaga jarak dan  waktu pembagiannya tidak bersamaan dijadwalkan  sesuai  Program Studi untuk tidak terjadi kerumunan.

“Kami memberikan support  kepada para mahasiswa  supaya tetap bersemangat   agar bisa memerangi Covid-19   dan segera berlalu,”katanya.

Sementara itu mahasiswa  ITKES WHS merasa senang dengan adanya kepedulian pihak kampus dan yayasan  memberikan bantuan sembako khususnya  bagi mereka yang  terdampak Covid-19 berasal dari luar  daerah  dan tetap berada di Samarinda.

“Kami berharap  semoga Covid-19 cepat berlalu  dan bagi yang positif Covid-19 saat ini sedang  dirawat di rumah sakit semoga cepat sembuh,” kata  Putri salah satu mahasiswa S1 Kebidanan asal Kabupaten Kutai  Barat.