Hampir Semua Kementerian dan Lembaga Anggaran Belanjanya Dipotong

Non Kategori
Foto: Reno Hastukrisnapati
Foto: Reno Hastukrisnapati

Suara Samarinda – Pemerintah merampungkan kebijakan pemotongan belanja negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016. Total belanja yang dipotong adalah Rp 133,8 triliun dengan komposisi belanja Kementerian Lembaga (KL) adalah Rp 65 triliun.

“Hampir semua, ya ada yang nggak kena, ya kecil sekali anggarannya kalau dikenai kalau dipotong ya nggak bisa kerja,” ujar Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Langkah pemotongan diutamakan untuk komponen belanja yang tidak produktif, seperti anggaran perjalanan dinas, pembangunan gedung perkantoran, seminar dan lainnya.

“Kemarin dibilang presiden seperti perjalanan dinas, paket-paket meeting, honorarium, kegiatan dan sebagainya, tidak prioritas dan tidak mendukung tupoksi. Kami memotong pun tidak semuanya, ada beberapa persen. Yang kira-kira tidak habis lah sampai akhir tahun,” paparnya.

Pemangkasan belanja ini nantinya berlandaskan Instruksi Presiden. Diharapkan dapat terbit dalam waktu dekat.

” ya kita coba segera dong,” tegasnya.

Sebagai informasi, pemangkasan sebesar Rp 133,8 triliun itu mencakup anggaran belanja Rp 65 triliun dan anggaran transfer ke daerah sebesar Rp 68,8 triliun

 

(sumber: detik.com)