DPRD Kaltim dukung pelestarian budaya daerah

Daerah DPRD Kaltim Kaltim
Wakil Ketua DPRD Kaltim Andi Harun membuka sekaligus menyampaikan sambutan dalam acara pertunjukan drama musikal yang berjudul “Badik”, di Taman Budaya Kaltim.(Humas DPRD Kaltim)

Suara Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Andi Harun menyatakan DPRD Kaltim memberikan perhatian dan dukungan terhadap perkembangan dan pelestarian  budaya daerah.

Hal itu disampaikan Andi Harun pada saat membuka acara pertunjukan drama musikal yang berjudul “Badik”, di Taman Budaya Kaltim,

“Seni budaya adalah salah satu bidang pembangunan yang harus disupport terutama oleh pemerintah daerah,” katanya.

Menurutnya karya seni tidak bisa dinilai secara meteril, karena seni merupakan karya besar dari masing-masing masa dan sumbernya, sehingga semua karya seni yang ada didaerah harus mendapat dukungan.

Politisi Partai Gerindra itu juga mengatakan, dukungan harus diberikan, terutama dalam hal pembinaan kelompok-kelompok teater yang ada di Kaltim. Andi Harun juga mengharapkan sejumlah sanggar teater yang ada  untuk bisa tetap konsisten dalam melakukan pementasan-pementasan dengan menampilkan ide cerita yang inovatif tanpa meninggalkan budaya local.

“Saat ini, pembinaan yang dilakukan oleh lembaga atau komunitas seni yang ada di Kaltim khususnya Samarinda bisa berjalan dan bersinergi dengan program-program pemerintah,“ katanya.

Andi Harun juga mengaku bahwa dirinya saat ini juga masih aktif dalam beberapa budaya seni peran, seperti yang ia lakukan beberapa waktu lalu dalam sebuah film yang mengangkat tema tentang budaya pernikahan.

“Sampai saat ini saya masih aktif didunia peran. Insya Allah, tahun depan saya kembali lagi berakting dalam sebuah film. Jadi dalam hal ini, tak hanya pemerintah yang mendukung, saya tegaskan secara pribadia saya juga sangat mendukung pelestarian seni budaya,”ujar Andi Harun.