DPRD dorong pemerintah wujudkan daerah produsen jagung

Daerah DPRD Kaltim Kaltim
Ilustrasi-Panen jagung /Ist

Suara Samarinda – Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur mendorong pemerintah provinsi Kaltim dan Kabupaten/kota t untuk memberikan perhatian lebih khususnya pada sektor pertanian, seiring dengan cita-cita menjadi produsen jagung yang mampu menyediakan kebutuhan jagung hingga keluar daerah.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu mengatakan perluasan wilayah tanam jagung perlu ditambah tak hanya diwilayah sentra produksi jagung seperti di Kabupaten Berau.

Dia menambahkan untuk meningkatkan hasil bantuan penggunaan mobil pengering jagung juga diperlukan untuk menambah produksi jagung.

Dicontohkannya, mobil mesin pengering jagung karya anak bangsa yang bisa mengeringkan jagung hingga satu ton per jam bisa menjadi alternatif yang dapat digunakan petani jagung.

 

“Jika dibandingkan dengan menjemur akan lebih efektif dan sangat membantu petani jagung apabila diberikan bantuan mesin tersebut. Selain itu efektifitas mobil mesin pengering jagung yang dapat menjangkau berbagai daerah langsung berdekatan dengan wilayah pertanian jagung,” katanya.

Oleh karena itu  selain menghemat waktu juga akan menghemat biaya akomodasi serta menghasilkan jagung yang lebih berkualitas. Dengan lebih cepat kering maka jagung minim potensi terkontaminasi, hasil pengeringan juga telah disesuaikan.

“Namun bantuan benih, pupuk dan tenaga penyuluh dan pendamping juga masih yang utama,” papar Bahruddin Demmu.