Tak Ingin Gagal Lagi di MotoGP Belanda, peryataan VR-46

Moto GP
Valentino Rossi, Rider Yamaha

Suara Samarinda – Seri kedelapan MotoGP 2019 siap digelar di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (30/6/2019). Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mempunyai kenangan manis ketika mengaspal di sirkuit tersebut. Pada MotoGP 2017, rider asal Italia itu berhasil merebut podium teratas setelah sukses memenangi pertarungan dengan Danilo Petrucci (Pramac Racing) dan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Akan tetapi, pada musim berikutnya, Rossi tidak mampu mempertahankan kemenangannya. Bahkan, Rossi gagal naik podium setelah hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi kelima. Secara tersirat, Rossi tidak ingin mengulangi “kenangan” gagal podium di musim kemarin.

“Biasanya, saya adalah orang yang tidak senang untuk melihat kembali hal-hal yang telah terjadi di masa lalu,” kata Rossi. Baginya, yang terpenting saat ini adalah terus bekerja keras untuk tampil lebih kompetitif bersama motor Yamaha YZR-M1. Rossi hanya ingin menjadikan semua pencapaiannya pada masa lalu sebagai motivasi menghadapi balapan selanjutnya. “Saya sangat bangga dengan segala pencapaian yang saya raih dalam karier saya selama ini, tetapi jika Anda ingin melanjutkan karier balap, Anda harus bekerja di masa depan,” tutur Rossi lagi.

Lebih jauh lagi, Rossi menilai Yamaha tengah berada dalam kesulitan teknis dan perlu melakukan perbaikan di beberapa aspek untuk bisa kembali bersaing dengan tim-tim lain pada musim ini. “Apa yang saya lihat? Kami sekarang berada dalam momen sulit tekait hal teknis,” ucap Rossi. “Saya berharap Yamaha harus berbuat lebih banyak hal lagi, untuk menjadi lebih kompetitif karena sekarang persaingan di kelas MotoGP sangat ketat,” kata rekan setim Maverick Vinales itu. Pada seri MotoGP Catalunya pekan kemarin, Rossi mengalami nasib apes.

Rider Italia berjulukan The Doctor tersebut gagal mendapatkan poin setelah terlibat insiden kecelakaan beruntun di tikungan 10 pada lap kedua.