Rusmadi Mantan Sekdaprov Kaltim maju Pilkada Samarinda

Daerah Kaltim
Rusmadi Wongso saat memperkenalkan tim relawan ” Kawal Rusmadi “kepada awak media di Kafe Jalan Dahlia, Samarinda.

Suara Samarinda – Rusmadi Wongso mantan Sekdaprov Kalimantan Timur, Rusmadi Wongso berencana ikut meramaikan ajang Pemilu Kepala Daerah ( Pilkada) Kota Samarinda pada tahun 2020 mendatang.

Ketua Paguyupan Keluarga Tanah Jawi ( Ikapakarti) Provinsi Kalimantan Timur tersebut memperkenalkan tim relawan ” Kawal Rusmadi kepada awak media di Kafe Jalan Dahlia, Samarinda, Senin (28/10).

Rusmadi mengaku tergerak untuk maju dalam Pilkada Samarinda 2020, karena melihat realita Ibu Kota Provinsi Kaltim tersebut masih berkutat  dengan sejumlah persoalan sosial yang belum tuntas, diantaranya terkait banjir, penataan kota dan juga aspek kesejahteraan masyarakat.

” Sebagai orang yang lahir dan besar di Samarinda tentunya saya harus punya kepedulian membangun Kota Samarinda ini, apalagi kedepan Samarinda punya tantangan sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara, tentunya harus ada program perubahan yang besar dan digagas oleh seorang pemimpin,” beber Rusmadi.

Mantan dosen di Universitas Mulawarman ini mengaku telah mendapatkan dukungan dari sejumlah partai politik, sebagai kendaraan untuk maju di Pilkada Samarinda.

” Sedikitnya ada tiga partai yang sudah menjalin komunikasi, dan karena ini baru tahap awal, tim kami masih melalukan gerilya untuk mendapatkan dukungan partai dan sinpati masyarakat,” jelasnya.

Dalam kiprahnya di panggung politik, akademisi dan birokrat Kaltim ini menuai perjalanan yang tidak mulus.

Tercatat dua kali Rusmadi gagal dalam persaingan politik, yakni saat bertarung di ajang Pilgub Kaltim 2018, dan ajang Pileg DPR RI 2019.

” Tentunya dengan pengalaman dalam perjalanan politik membuat kita banyak pengalaman, dan insya Allah yang ke- tiga ini akan sukses dan berhasil,” jelas Rusmadi.

Sementara itu, Ketua tim “Kawal Rusmadi”, Musyahrim mengatakan bahwa terbentuknya tim relawan ini tidak lepas dari aspirasi dan keinginan masyarakat dalam mencarikan figur yang pantas untuk memimpin Samarinda.

” Latar belakangnya karena kami melihat sejumlah figur yang muncul dan berniat maju pada Pilkada Samarinda masih standar saja, belum ada figur yang hebat dan punya visi serta misi membawa perubahan besar untuk Kota Samarinda,” tegas Musyahrim.

Dalam kesempatan itu juga hadir, Ketua Dewan Daerah Perubahan Iklim ( DDPI) Prof Daddy Ruhiyat, dan mengatakan bahwa Rusmadi merupakan figur yang tepat untuk memimpin Kota Samarinda.

” Penggabungan antara birokrat dan akademisi, saya rasa Pak Rusmadi punya kemampuan untuk menjawab tantangan di Kota Samarinda,” tegasnya.(*)