Rudi Mas’ud terpilih jadi ketua DPD I Golkar Kaltim 2020-2025

Daerah Kaltim
Sejumlah petinggi Golkar menyatukan persepsi pada Musda X Partai Golkar Kaltim di Hotel Swiss Bell, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (15-3-2020).

Suara Samarinda- Rudi Mas’ud terpilih secara aklamasi  menjadi ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Kalimantan Timur periode 2020—2025 melalui Musyawarah Daerah X di Samarinda, Minggu dini hari.

Anggota Komisi VII DPR RI tersebut menyingkirkan pesaing kuatnya, Makmur H.A.P.K., yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Kaltim.

Rudi yang merupakan politikus muda Golkar mendapatkan mayoritas dukungan dari pemilik suara musda, dari total 16 pemilik suara, 14 di antaranya menyatakan dukungan secara terbuka pada agenda pandangan umum.

Pada musda tersebut Makmur HAPK juga telah disepakati menduduki jabatan sebagai Ketua Harian DPD I Partai Golkar Kaltim. Dia bersama Rudi Mas’ud menjadi tim formatur untuk menentukan susunan kepengurusan.

Usai terpilih, Rudi Mas’ud mengatakan bahwa tantangan ke depan yang dihadapi partai berlambang pohon beringin ini, antara lain segera menyiapkan strategi menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 karena ada sembilan kabupaten/kota di Kaltim yang turut melaksanakan pilkada serentak.

“Kami ditargetkan kemenangan 60 persen dari jumlah daerah yang menggelar pilkada, baik untuk kepala daerah maupun wakilnya,” kata Rudi Mas’ud.

Menurut Rudi Mas’ud, partainya tetap harus menjalin koalisi dengan partai lain, mengingat tidak semua wilayah di Kaltim bisa mengusung calon sendiri.

“Dari sembilan kabupaten/kota, kami bisa mengusung calon sendiri hanya di tiga daerah, yakni Balikpapan, Kukar, dan Bontang, sedangkan daerah lainnya kami harus berkoalisi,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Makmur bersama dengan ketua terpilih berkomitmen untuk membesarkan partai dengan sebaik- baiknya.

“Kami ingin membesarkan partai dengan sebaik-baiknya karena belajar dari pengalaman kemarin, Ketua Golkar banyak yang tidak selesai masa tugas selama periodenya,” kata Makmur mengungkapkan.

Makmur mengakui dirinya merupakan kader senior di Golkar Kaltim sehingga menghendaki partainya bisa menjalankan tugasnya dengan baik tanpa adanya benturan-benturan.

“Ini suatu tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, skala prioritas kami akan sinergitas bersama berkomitmen untuk membesarkan partai,” katanya menandaskan.