Options Panel



Which slider style you want to used?



Which skin color you want to used?
 


Reset


Profil Radio

PROFIL SINGKAT SUARA SAMARINDA 91.7 FM 

A. PENDAHULUAN

hutradio1

Penekanan tombol sirine oleh Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak bersama walikota Samarinda Syaharie Jaang, anggota DPRD Kaltim dan DPRD Samarinda, Komisaris PT. Radio Berita Kaltim H. Mujito Hadi. Pada acara HUT Radio Suara Samarinda 91.7FM.

Suara Samarinda  91.7 FM mulai mengudara bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2007. Radio beritanya orang Kaltim ini bernaung di bawah PT Radio Berita Kaltim, yakni sebuah perusahaan patungan dari beberapa Investor.

Pendirian Radio Suara Samarinda dimaksudkan memenuhi kebutuhan warga Kaltim dan Kaltara khususnya Kota Samarinda dan sekitarnya terhadap radio berita. Selama ini belum ada radio di Kota Samarinda yang fokus menyiarkan berita dan informasi dalam program-program siarannya.

Sedangkan tujuan pendirian Suara Samarinda adalah memberikan informasi kepada masyarakat Kaltim dan sekitarnya melalui program-program berita yang disiarkan, memberikan hiburan lewat  selingan musik yang diputar di sela program berita, mendorong terwujudnya demokrasi di tingkat lokal Kota Samarinda, khususnya Kaltim  dan Kaltara pada umumnya, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Samarinda ,Kaltim  dan Kaltara umumnya

Visi Suara Samarinda  adalah “Menjadi Radio Berita Kebanggaan Masyarakat Kaltim dan  Penyambung Aspirasi Rakyat”.

Sementara misi adalah: Memberikan informasi aktual, akurat dan berimbang kepada masyarakat Kota Samarinda dan Kaltim pada umumnya, Mencerdaskan masyarakat Kaltim melewati penyiaran informasi-informasi yang mendidik dan bermutu, Mendorong tumbuhnya demokrasi di tingkat lokal Samarinda dan Kaltim pada umumnya dengan memberi saluran komunikasi efektif bagi seluruh komponen masyarakat dan pemerintah, Menghibur masyarakat umumnya melalui musik-musik yang dihadirkan di sela penyiaran berita dan  informasi.

cak-brotoImron RosyadiMayamaria

Selain menyiarkan berita-berita terkini dari mitra jaringannya, yakni Kantor Berita Radio 68 H (KBR68H) Jakarta, TVRI Kaltim, SUARA SAMARINDA melalui program unggulannya, live report dan Berita Pagi, Berita Siang , Berita Malam , juga menghadirkan berita-berita aktual, tajam dan berimbang hasil liputan para reporter di lapangan.

SUARA SAMARINDA  memiliki komunitas penggemar fanatik warga Suku Jawa melalui program ”Hallo Dulur”  Lagu Banjar  warga (Kalsel)  Program” Hallo Bubuhan” serta Kalangan Muda /pelajar/mahasiswa dalam Acara Begadang Wal.

B.    PROGRAM SIARAN
Sebagai radio berita yang tetap menyelingi program-program informasinya dengan berbagai jenis musik, Suara Samarinda, menyasar segmen pendengar pada usia produktif, yakni mereka yang berusia antara  15-19 tahun (20 persen) dan 35-39 tahun (20 persen). Meskipun demikian, pendengar di luar usia itu juga disasar, yakni usia di bawah 15 tahun (15 persen), 20-24 tahun, 24-29 tahun dan 30-34 tahun  (25 persen) dan usia 40-50 tahun (20 persen).

Dialog bersama Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak

Dialog bersama Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak

Dialog bersama anggota DPRRI, H. Hadi Mulyadi

Dialog bersama anggota DPRRI, H. Hadi Mulyadi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dialog bersama Badan Ketahanan dan Penyuluhan Prov. Kaltim

Dialog bersama Badan Ketahanan dan Penyuluhan Prov. Kaltim

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dialog bersama anggota DPRD Kaltim, Masykur Sarmian

Dialog bersama anggota DPRD Kaltim, Masykur Sarmian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dialog interaktif bersama wakil walikota Samarinda dan wakil ketua DPRD Samarinda

Dialog interaktif bersama wakil walikota Samarinda dan wakil ketua DPRD Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dialog bersama Asisten 1 Sekprov Kaltim, Aji Sayid Faturrahman

Dialog bersama Asisten 1 Sekprov Kaltim, Aji Sayid Faturrahman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dialog bersama Ketua KPU Samarinda

Dialog bersama Ketua KPU Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dialog bersama LSM Pokja 30 (Corolus Tuah)

Dialog bersama LSM Pokja 30 (Corolus Tuah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siaran langsung pemkot Samarinda dan Telkomsel

Siaran langsung pemkot Samarinda dan Telkomsel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto bersama dengan pendengar setia Suara Samarinda

Foto bersama dengan pendengar setia Suara Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan jumpa fan pendengar Suara Samarinda

Kegiatan jumpa fan pendengar Suara Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siaran langsung LSM Peduli Lingkungan (Pelik) di halaman gedung Balai Kota Samarinda

Siaran langsung LSM Peduli Lingkungan (Pelik) di halaman gedung Balai Kota Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedangkan berdasarkan jenis kelamin, SUARA SAMARINDA  menyasar lebih banyak pendengar pria (55 persen) dan sisanya wanita (45 persen).

Dari segi status ekonomi, SUARA SAMARINDA  lebih banyak menyasar pendengar kelas menengah (45 persen), menengah ke atas (30 persen), ekonomi sedang (20 persen) dan sisanya ekonomi lemah (5 persen).

Ditilik dari tingkat pendidikan, SUARA SAMARINDA  mencoba menjadi radio kalangan berpendidikan, yakni lulusan akademi (30 persen), perguruan tinggi (25 persen), tamatan SLTA (25 persen) dan tamatan SLTP (20 persen).

Dilihat dari latar belakang pekerjaan, SUARA SAMARINDA  lebih banyak menyasar pendengar dari kalangan wiraswasta (30 persen), disusul pegawai swasta (10 persen),

PNS/TNI/Polri, pelajar, mahasiswa dan ibu rumah tangga (40 persen), pensiunan (5 persen), pekerjaan lainnya (10 persen) dan pengangguran (5 persen).

Siaran SUARA SAMARINDA  didominasi oleh berita dan informasi yang mencapai 80 persen, sisanya adalah musik pengiring (15 persen) dan dakwah (5 persen). Namun di sela-selanya tentu saja ada slot untuk iklan yang durasinya menyesuaikan dengan permintaan dari mitra-mitra strategis SUARA SAMARINDA .

Persentase siaran SUARA SAMARINDA  persen adalah lokal dan hanya 10 persen yang bermuatan asing, misalnya penyiaran berita-berita internasional dan lagu-lagu  Asia .

Sementara untuk penggolongan dan persentase mata acara, program berita mencapai 50 persen, disusul penerangan/informasi (5 persen), pendidikan dan kebudayaan (7,5 persen), agama (5 persen), olahraga (2,5 persen), hiburan dan musik (10 persen), iklan (15 persen), serta acara penunjang/layanan masyarakat (5 persen).

SUARA SAMARINDA  melakukan siaran selama 20 jam perhari,  mulai pukul 05.00 Pagi WITA sampai pukul 01.00 WITA,  dini hari.

Sumber materi siaran, selain dari laporan reporter SUARA SAMARINDA, juga berasal dari interaktif/talk show, press release dan internet, juga informasi dari masyarakat. Selain itu juga relay dari radio mitra jaringan, seperti Kantor Berita Radio 68H Jakarta.

C. DATA TEKNIS

SUARA SAMARINDA  beralamat di Jl Pangeran Suryanata Nomor .21 Samarinda.  Dengan tower transmisi di perbukitan setinggi 50 meter, yang dilengkapi dengan antena jenis MS-1 / type MS-1 4 Bay ½ ^ vertikal polarisasi sircular dan pemancar berkekuatan 3.000 watt.

Siaran SUARA SAMARINDA  mampu menjangkau seluruh wilayah Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat (Resak dan sekitarnya), sebagian wilayah Kutai Timur (Bengalon),  Sebagian Kota Bontang (Bontang Baru dan Sekitar Jl Bhayangkara Bontang) dan Kota Balikpapan (Karangjoang dan Kilometer 2 Balikpapan).

Peta jangkauan siaran Konvensional Suara Samarinda

Peta jangkauan siaran Konvensional Suara Samarinda

Perangkat siaran SUARA SAMARINDA  seluruhnya terkoneksi dengan komputer dan jaringan internet, sehingga program-program siaran dapat disajikan kepada pendengar  melalui frekuensi 91.7 FM  dan juga melalui teknologi Streaming secara efektif dan efesien. Sehingga tidak hanya itu dapat didengar di Samarinda, Kaltim, Kaltara tetapi juga didengar secara nasional bahkan Internasional.

Dengan koneksi  jaringan komunikasi modern  yang  memungkinkan tumbuhnya interaksi positif antara crew SUARA SAMARINDA  dengan pendengar dan seluruh mitra-mitra strategisnya, baik melalui line telepon, fasilitas sms, email, facebook dan twiter.
.


UA-74076609-1