Pertamina buka SPBU modular di jalan Tol Balsam

Daerah Kaltim
Peresmian SPBU di Kawasan Rehat Km 36A Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)

Suara Samarinda – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI membuka layanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kawasan Rehat (rest area) Km 36A Tol Balikpapan-Samarinda untuk melayani pengemudi yang kendaraannya memerlukan isi bahan bakar segera.

“Sementara masih dengan SPBU Modular,” kata General Manager (GM) MOR VI Boy J Lapian.

SPBU Modular adalah SPBU portable atau dapat dipindah-pindah dengan cepat. Penampakan SPBU modular sama saja dengan SPBU biasa, hanya tidak dilengkapi tangki pendam untuk menampung bahan bakar minyak (BBM).

Di kawasan rehat itu, Pertamina menyediakan 2 unit dispenser atau mesin pompa dan penuang BBM. Sebagai ganti tangki pendam, ada mobil tangki berkapasitas 16.000 liter berisi Pertalite, Pertamax, dan Dexlite. Dalam kemasan barel ada Pertamax Turbo dan dalam jeriken 20 liter dan 10 liter tersedia Pertadex, solar dengan angka cetane (titik bakar) tinggi.

“Jadi pengguna jalan tol tidak perlu khawatir. BBM tersedia di kawasan rehat ini,” lanjut Boy Lapian.

SPBU ini beroperasi 24 jam. Ada 6 operator yang bertugas bergantian. Pasokan BBM-nya berasal dari Terminal BBM Terpadu Balikpapan dan TBBM Samarinda.

Menurut GM Lapian, SPBU Modular ini dioperasikan sampai nanti pembangunan SPBU permanen selesai.

Tol Balsam dikelola oleh PT Jasamarga Tol Balikpapan-Samarinda (JBS). Tol ini beroperasi sejak Kamis 19 Desember 2019 setelah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa 17 Desember 2019.

Untuk sementara baru 60 km yang dibuka dari panjang keseluruhan 99 km. Sampai nanti ditetapkan tarif, melintas di jalan ini gratis, meskipun untuk masuk dan keluar sudah harus menggunakan uang elektronik atau e-toll.(Ant)