Pemerintah harus dorong pelaku UKM

Daerah DPRD Kaltim Kaltim
Anggota DPRD Kaltim dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Siti Rizky Amalia, SE., Ak. CA (DPRD kaltim)

Suara Samarinda – Anggota DPRD Kaltim Siti Rizky Amalia  mengatakan pemerintah provinsi maupun kabupaten /kota  harus mendorong kegiatan usaha kecil dan menengah (UKM) yang  saat ini terus berkembang di masyarakat.

Ia mengapresiasi tingginya minat masyarakat terhadap jual-beli hasil usaha kecil dan menengah  (UKM) seperti kuliner yang menjamur dimana-mana khususnya di Kota Samarinda.

“Hal itu menunjukkan pertumbuhan perekonomian masyarakat berjalan dengan baik dan pemerintah perlu mendukung  agar  produk lokal  UKM  ditengah masyarakat  memiliki ruang  bersaing sehingga  terus tumbuh,” katanya.

Ia mengatakan roda perekonomian dimasyarakat menjadi tumbuh  dengan tingginya produk local dan banyaknya pembeli , seperti makanan maupun minuman.

                       

Apalagi  saat ini didukung dengan tren bisnis online yang kian naik daun. Bahkan  ia  menilai untuk menaikkan rating sebuah produk kini tak harus membayar mahal biaya publikasi dan pemasaran.

“Cukup aktif mempromosikan di media sosial (medsos) , rajin memberikan review produk atau makanan dan tampilan gambar yang menarik sudah bisa jadi modal dasar memperkenalkan produk makanan,” paparnya.

Lebih lanjut Politikus Partai Persatuan Pembangunan ini juga mendorong agar di era industri 4.0 sosialisasi dan informasi program pemerintah pusat maupun daerah yang berkaitan dengan upaya menguatkan produk lokal dipasaran bisa sampai ke masyarakat dan tepat sasaran.

“Seminar, workshop dibidang pengembangan industri dan usaha kecil menengah sangat penting, kegiatan sejenis itu juga bisa melibatkan sekolah SMK dengan menyesuaikan fokus seminar yang digelar,” pungkasnya.