Nilai tukar Rupiah Terus Melemah ke level Rp 14.612 per USD

Non Kategori

Suara Samarinda – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Senin (13/8). Bahkan, nilai tukar Rupiah menyentuh level Rp 14.600-an per USD.

Mengutip data Bloomberg, pagi tadi, Rupiah dibuka di level Rp 14.579 per USD atau melemah dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 14.478 per USD. Namun, setelah pembukaan Rupiah terus melemah. Saat ini, nilai tukar menyentuh level Rp 14.612 per USD.

Sebelumnya, pemerintah tengah menyiapkan sejumlah kebijakan guna mengendalikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Meski demikian, kebijakan tersebut bukan seperti paket kebijakan ekonomi yang selama ini dikeluarkan, melainkan ada sejumlah kebijakan yang fokus pada masing-masing sektor.

“Bukan paket, dalam arti banyak kebijakan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7).

Salah satu contohnya, kebijakan terkait dengan penggunaan B20, di mana campuran CPO dalam solar akan ditingkatkan menjadi 20 persen. Kebijakan ini diharapkan bisa menekan impor BBM dan menghemat devisa.

“Dalam impornya yang pertama kita lakukan adalah B20 kita laksanakan penuh sehingga ada penghematan devisa,” kata dia.

Selain itu, pemerintah juga akan meminta masukan dan berdiskusi dengan para pelaku usaha, khususnya eksportir dan importir mengenai hal ini. Rencananya, pada sore nanti Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang para eksportir dan importir tersebut ke Istana Bogor.

 

sumber: (merdeka.com)