Maverick Vinales Akhirnya Menjuarai Race Assen Belanda dengan Mengkandaskan Marc Marquez

Moto GP

Suara Samarinda, Assen – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, berhasil memenangi duel melawan Marc Marquez (Repsol Honda), untuk menjuarai MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2019).

Kemenangan tersebut terasa istimewa karena menjadi yang pertama bagi Vinales dan Yamaha pada MotoGP 2019. Yamaha tercatat sudah puasa kemenangan sejak MotoGP Phillip Island 2018, yang saat itu juga dipersembahkan Vinales.

Marquez, yang start dari posisi keempat, harus puas menjadi runner up. Dia sempat beberapa kali memimpin balapan, namun terpaksa akhirnya mengakui keunggulan Vinales.

Yamaha mengirimkan dua pembalap ke podium. Podium ketiga ditempati pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Adapun posisi keempat ditempati pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Yamaha menggenapi akhir pekan gemilangnya dengan menghuni posisi kelima melalui Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Namun, kebahagiaan Yamaha tak sempurna. Pembalap andalan mereka, Valentino Rossi, lagi-lagi kena sial. The Doctor gagal finis setelah mengalami crash dengan Takaaki Nakagami, sehingga terjatuh dan gagal finis.

Pembalap lain yang juga menelan pil pahit pada balapan MotoGP Belanda adalah pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. Start dari posisi kedua, Rins sempat menyodok ke depan, namun gagal finis setelah terjatuh pada lap kedua.

Alex Rins yang start dari posisi ketiga menyodok ke depan saat start, tepat di depan rekan setimnya, Joan Mir. Quartararo yang menempati pole lagi-lagi tak bisa memulai balapan dengan sempurna, sehingga melorot ke urutan ketiga.

Maverick Vinales yang start ketiga juga gagal mempertahankan posisinya karena melorot ke urutan kelima. Posisi kelima pada akhir lap posisi pertama ditempati Marquez. Tapi, tak lama berselang, Marquez berhasil menyalip Vinales.

Bencana menimpa Rins pada lap kedua. Dia tergelincir kemudian terjatuh dan gagal merampungkan balapan padahal sedang memimpin di depan.

Insiden Rins dimanfaatkan maksimal oleh Quartararo. Dia berhasil menyalip Mir untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Pergantian posisi juga terjadi di belakangnya. Marquez berhasil menyodok ke urutan kedua, diikuti Vinales. Adapun Mor malah melorot ke urutan kelima, di belakang Dovizioso.

Tak lama berselang, giliran Valentino Rossi yang merampungkan balapan lebih dini. The Doctor mengalami crash setelah bersenggolan dengan pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami, di Tikungan 8.

Bagi Rossi, kegagalan ini jelas jadi pukulan besar. Apalagi dia juga gagal finis pada balapan sebelumnya di MotoGP Catalunya.

Saat balapan tersisa 16 lap, Marquez berhasil mengambil alih posisi terdepan. Namun, satu lap berselang Quartararo kembali menyodok ke depan. Keduanya tetap dibayangi Vinales di posisi ketiga.

Komposisi rombongan terdepan terus berubah. Ketika balapan tinggal 11 lap, Vinales berhasil menyalip ke urutan terdepan, dibuntuti Quartararo dan Marquez. Tapi, tak lama kemudian Quartararo kembali disalip Marquez dan melorot ke urutan ketiga.

Salip menyalip kembali terjadi, melibatkan Marquez dan Vinales. Kedua pembalap berduel hingga lap terakhir, yang dimenangi oleh Vinales.