Malaysia jajaki investasi di Kalimantan Timur

Daerah Kaltim
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar saat meluncurkan promosi “Visit Malaysia 2020” (VM2020) di Samarinda

Suara Samarinda – Pemerintah Malaysia tengah melakukan penjajakan investasi di Provinsi Kalimantan Timur sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN) baru di Indonesia.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Tuan Yang Terutama Datuk Zainal Abidin Bakar di Samarinda, mengatakan, Pemerintah Malaysia melihat perkembangan ekonomi di Kaltim mengalami kemajuan pesat, terlebih jika IKN benar terwujud.

Dia mengatakan kehadirannya di Kaltim dalam rangka ingin lebih mengetahui peluang-peluang kerjasama di bidang investasi, perdagangan, pendidikan, industri dan pariwisata.

“Selain itu kami juga ingin melihat tapak ibu kota negara baru Indonesia di Kaltim. Kalau diijinkan,” ungkap Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Tuan Yang Terutama Datuk Zainal Abidin Bakar.

Dia mengatakan, Pemerintahnya telah mengirimkan salah satu delegasi untuk menindaklanjuti lebih jauh, termasuk kajian potensi investasi dan kerjasama antar kedua belah pihak.

Samentara itu, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi menyambut baik kunjungan dan keinginan Malaysia bekerjasama dengan Kaltim.

“Potensi sumber daya alam kami sangat besar. Perkebunan kelapa sawit untuk crude palm oil. Juga, sarang walet bisa dihilirisasi. Bidang pendidikan bagi mahasiswa Malaysia dan pariwisata di Kabupaten Berau,” jelas Hadi Mulyadi.

Dalam kunjungannnya ke Kaltim, Dubes Datuk Zainal Abidin Bakar didampingi istri, Yang Berbahagia Sakhiah Mohd Soom.

Hadir mendampingi Direktur Tourism Malaysia Jakarta Roslan Othman serta pejabat setingkat menteri di Kedubes Malaysia.