Ketua DPRD Kaltim ikuti upacara HUT TNI ke-74

Daerah DPRD Kaltim Kaltim
Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, (ujung kiri) Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto memberi hormat pada parade dan defile Upacara Hut ke-74 TNI di Lapangan Merdeka, Balikpapan.

Ketua DPRD Kaltim,Makmur HAPK ikut hadir dalam kegiatan peringatan upacara HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI)  ke-74 TNI di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Sabtu  5 Oktober.

“Saya ucapkan selamat hari jadi sekaligus berterima kasih kepada TNI karena sudah memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” katanya  ditemui usai  mengikuti upacara HUT  TNI ke-74 di Balikpapan.

Ia mengatakan TNI lahir dan berjuang bersama rakyat, sehingga menjadikan TNI tetap solid, professional dan kompak, sehingga masyarakat Indonesia tidak mudah diganggu negara luar.  Di Kaltim khususnya  tercipta suasana aman, tentram  dan  masyarakat  dapat menikmati kemerdekaan.

Menurutnya TNI merupakan ujung tombak dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang dapat merusak kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  TNI lahir ditengah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, membuat TNI dekat dengan rakyat.

“TNI di usianya ke 74 tahun bukanlah usia muda, berbagai tantangan dalam kaitannya mempertahankan kedaulatan NKRI sudah dilalui dan tentu menjadikan TNI menjadi lebih matang,” katanya.

                     

Sementara itu Pangdam VI Mulawarman,Mayjen TNI, Subiyanto selaku inspektur upacara saat   membacakan amanat Panglima TNI Masrsekal TNI Hadi Tjahtjanto, mengatakan perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang.

“Konsep peperangan tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan kini sudah masuk ke berbagai dimensi. Ancaman militer terus berubah dan TNI harus siap menghadapinya. “ujarnya.

Oleh karena itu,Subiyanto mengingatkan kepada  seluruh prajurit TNI  untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan serta  selalu meningkatkan soliditas TNI, memegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa.