Gubernur Kaltim, Isran Noor saat menjadi pembina upacara pada peringatan hari sumpah pemuda di halaman Kantor Dispora Kaltim, Senin (29/10).

Suara Samarinda  – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 tingkat Provinsi Kaltim hendaknya dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan semangat  dan peran pemuda  dalam pembangunan.

“Khususnya kaum muda bangkit memberikan yang terbaik mampu memberi peran lebih dalam pembangunan sesuai profesi dan keahlian masing-masing,” katanya  saat ditemui  usai menjadi  pembina upacara  Sumpah Pemuda, di halaman Kantor Dispora Kaltim, Senin (29/10).

Ia meyakini semangat Sumpah Pemuda tidak akan pernah usang di Bumi Ruhui  Rahayu (Kaltim) , semangat pastikan akan terus berkobar dan masyarakatnya senantiasa melaksanakan tanggung jawab ikut melaksanakan pembangunan daerah dan pembangunan nasional di daerah.

Oleh karena itu ia mengingatkan kepada pemuda Kaltim harus semakin maju dan berkembang dengan meningkatkan  wawasan dan keahlian  sebagai penunjang   peran dalam  dalam pembangunan .

“Semangat itu hendaknya dimiliki para generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Isran Noor menyampaikan  sambutan dan arahan Menteri Pemuda dan Olahraga RI.  Intinya menteri menyebutkan makna  Sumpah Pemuda merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Segenap generasi penerus bangsa berhutang pada pahlawan  yang menjadi pelopor kemerdekaan dan persatuan sejak dicetuskan Sumpah Pemuda  pada 28 Oktober 1928.

“Semangat itu hendaknya dimiliki generasi muda sebagai penerus bangsa,” katanya.

Lanjut Isran Noor salah satu peran penting  kaum muda di era kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  meningkatkan peran, mampu memfilter  penyebaran berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Dia mengajak para pemuda untuk  terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan semangat berbangsa dan bernegara.  Selain itu juga revolusi mental juga dibutuhlan untuk mewujudkan bangsa yang maju dan menjadi negara hebat.

Sementara  itu peringatan upacara hari Sumpah Pemuda  di Kaltim  dirangkai dengan penampilan paduan suara dan atraksi baris berbaris siswa SMK Kehutanan Kaltim.

Adapun peringatan upacara hari Sumpah Pemuda ke 90 itu dihadiri  Wakil Gubernur , Hadi Mulyadi, Asisten III Sekprov Kaltim, Bere Ali  dan  sejumlah  Kepala OPD , Kepala Kantor Kementerian Pertahanan Kaltim,   Kepala BNNP Kaltim serta sejumlah OKP dan Ormas.

Usai melaksanakan upacara  Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi  Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi dan sejumlah pejabat lainnya  melakukan meninjau pameran Festival Pemuda Kreatif.(Rif)