DPRD Kaltim harapkan peran Disperindag tingkatkan pelaku UKM

Daerah DPRD Kaltim Kaltim
Kaltim menampilkan hasil produk-produk unggulan ciri khas Kaltim dari masing-masing Kabupaten/kota (Dok Rhd)

Suara Samarinda – Anggota DPRD Kaltim Ali Hamdi dari fraksi PKS mengharapkan peran Dinas Perindustrian (Disperindag) Provinsi Kaltim dan Kabupaten/kota berperan dalam peningkatan kualitas para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) agar memiliki daya saing di pasaran nasional.

“Sejumlah produk UKM di Provinsi Kalimantan Timur, sebenarnya layak untuk menjajaki pasar nasional,” katanya.

Hanya saja lanjut Ali Hamdi, kualitas kemasan UKM tersebut sebagian besar masih belum menarik, sehingga belum layak untuk pengembangan pemasaran.

Menurutnya memang ada beberapa produk UKM, yang sudah punya kemasan bagus seperti, amplang, dan sejumlah produk makanan ringan dari ikan, namun masih banyak produk lainnya yang kemasannya masih tradisional dan belum ada sentuhan moderenitas,” jelasnya.

Ali hamdi mengaku turut prihatin terhadap kendala yang dihadapi sebagain besar Usaha Kecil Menengah di Provinsi Kaltim, yakni kemasan yang memadai agar dapat bersaing secara nasional.

                             

Pasalnya akibat kendala tersebut, berdampak pula pada perkembangan usaha yang tidak mengalami kemajuan.

Padahal ujar Politikus PKS ini, produk-produk lokal UKM di Kaltim mampu bersaing secara nasional bahkan internasional.

“Dari sisi produk, kualitas produk-produk UKM di Kaltim bahkan lebih baik. Sayangnya kecenderungan konsumen saat ini melihat dulu kemasannya kemudian rasa,” katanya.

Dia berharap peran Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM di seluruh kabupaten/kota di Kaltim agar dapat membina dan mengembangkan, serta ditunjang dengan alat-alat agar UKM di Kaltim dapat terus maju dan berkembang seperti di daerah lain.