Dinas Perindustrian Samarinda kenalkan “INTIFS”

Non Kategori
Logo-Dinas Perindustian Kota Samarinda akan menggelar Industri Kreatif Samarinda (Intifs)

Suara Samarinda- Dinas Perindustrian Kota Samarinda menggelar event untuk pertama kalinya  yang diberi nama INTIFS atau Industri Kreatif Samarinda pada 12-14 Juli 2019 di atrium Big Mall Samarinda.

“Kami  mengenalkan beberapa industri kreatif yang ada di kota Samarinda,” kata Kepala Dinas Perindustrian Kota Samarinda, Muhammad Faisal di Samarinda, Rabu (10/7).

Ia mengatakan tujuan kegiatan tersebut  untuk memperkenalkan berbagai macam industri kreatif yang ada di Samarinda kepada masyarakat dan untuk tahap  awal  menargetkan  hanya 15-20 peserta .

M.Faisal yang baru saja menjabat Kepala Dinas Perindustrian Kota Samarinda sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda memiliki misi kedepan berupaya memajukan potensi indutri yang ada dan belum digarap optimal selama ini.

“Selama dua bulan mengamati dan mempelajari , ternyata  banyak  potensi yang bisa digali dan dikembangkan ,terutama industri  lokal  dan bagaimana berkreatif  dengan potensi  yang ada,” katanya.

Menurutnya Samarinda memiliki potensi besar  jika jeli melihat peluang, kreatif dan  dikelola dengan baik. Maka  ekonomi  masyarakat  Samarinda bisa tumbuh dengan kualitas  produk yang dihasilkan bersaing.

Faisal menjelaskan  di Kota samarinda  tidak kurang dari 500 industri kreatif yang sedang berkembang. Bahkan sebagian produk yang dihasilkan sudah dijual baik ke luar Kalimantan hingga ke mancanegara.

Hal ini katanya  membuktikan bahwa produk lokal memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan.

Dikemukakannya  selain  kegiatan industri  kreatif Samarinda juga rangkai  dengan  Talkshow Industri 4.0, berupa pelatihan menjahit, workshop desain fashion. Kemudian dimeriahkan dengan  sesi  foto produk  untuk para UKM.

“Kami juga akan  menampilkan pada malam hari acara hiburan kumpul drumer cilik dan fashion show, siapa saja yang berminat silahkan datang dan semua gratis tanpa dipungut biaya,”ujar Faisal.